D3 Keperawatan

Program Studi D3 Keperawatan

Penyelenggaraan program Pendidikan Diploma III Keperawatan pada awalnya mempergunakan kurikulum Nasional Program Diploma III Keperawatan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan surat Keputusan Nomor 239/U/1999 tanggal 4 Oktober 1999., dan terakhir dikembangkan menjadi Kurikulum Pendidikan D III Keperawatan tahun 2006. Kurikulum Nasional disusun berlandaskan pada Visi, Misi dari Pendidkan Diploma III Keperawatan, Falsafah Keperawatan yang mencakup konsep manusia, kesehatan, lingkungan dan keperawatan serta bertoleransi pada kaidah-kaidah pendidikan tinggi nasional, organisasi kurikulum yang mengarahkan jalannya program pendidikan, tujuan program pendidikan dan tujuan institusi. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, tuntutan kebutuhan masyarakat (pengguna lulusan), dan kecenderungan era globalisasi maka perlu diadakan revisi Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Keperawatan terutama pada pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dengan pengelompokkan Mata Kuliah berdasarkan 5 (lima) pilar pembelajaran. Lima pilar pembelajaran sebagai dasar  mahasiswa dalam berkehidupan di masyarkat.

Kurikulum KBK dilaksanakan mulai tahun ajaran 2012-2013 sampai saat ini dengan beban 120 SKS yang terbagi menjadi kurikulum inti sebanyak 94 SKS dan 26 SKS kurikulum institusional. Evaluasi  kurikulum senantiasa kami lakukan guna menyempurnakan kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan sehingga proses pembelajaran yang dilaksnakan tidak hanya sekedar suatu proses transfer of knowledge, namun benar-benar merupakan suatu proses pembekalan yang berupa method of inquiry seseorang yang berkompeten dalam berkarya di masyarakat.

Menjadi lembaga pendidikan keperawatan yang menghasilkan lulusan Diploma III Keperawatan yang terkemuka, unggul dibidang Keperawatan Medikal Bedah, profesional dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), berjiwa wirausaha serta berjati diri Islami.

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi dengan penekanan  pada  penyelesaian masalah secara komprehensif dan terbuka
  2. Melaksanakan penelitian keperawatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan ilmu pengetahuan dibidang keperawatan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keperawatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  5. Menumbuhkembangkan budaya ahlus Sunnah Waljama’ah An-Nahdiyah dalam kehidupan Masyarakat

1. Menghasilkan lulusan D III Keperawatan yang mampu menyelesaikan masalah secara komprehensif, mampu berfikir kritis dan terbuka, serta mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara efektif.

  •  Menyelenggarakan pendidikan dengan menggunakan kurikulum yang berstandar nasional dan dikembangkan sesuai dengan visi misi program studi
  • Mengembangkan profesionalisme seorang dosen
  • Mengembangkan metode pembelajaran student center learning
  • Meningkatkan sarana prasarana dalam menunjang proses belajar mengajar
  • Memperluas kemitraan dengan berbagai instansi kesehatan baik dalam negeri maupun luar negeri.

2. Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas untuk peningkatan mutu pelayanan dan perkembangan ilmu keperawatan

3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas guna terwujudnya peningkatan derajat kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.

4. Menghasilkan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang mencerminkan nilai- nilai Islami

Akreditasi A

  Sesuai dengan Surat Keputusan LAMPTKes Nomor 0149/LAM-PTKes/AKr/Dip/IV/2020 Tahun 2020 Program Studi D3 Keperawatan mendapatkan akreditasi.

~ Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES)