Program Studi D3 Kebidanan

 

Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan institusi pendidikan  tenaga kesehatan, di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang juga memiliki 2 rumah Sakit. Prodi D III Bidan ini merupakan konversi dari Akademi Kebidanan RSI Surabaya yang berdiri sejak tahun 1998  Nomer Izin Operasional/Perpanjangan : 265/E/O/2013 pada bulan Juli 2013 berlaku sampai dengan 5 tahun.  Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sudah terakriditasi BAN-PT dengan Strata “ A “ sesuai dengan SK:0640/LAM-PTKes/Akr-Dip/XUI/Tahun 2020VMasa Berlaku : 5 tahun. 

Jenjang pendidikan Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Kebidanan ditempuh minimal 6 (enam) semester dan maksimal 8 (delapan) semester. Pelaksanaan pembelajaran  mengacu pada kurikulum KBK tahun 2012 yang telah disesuaikan dengan visi institusi dan kompetensi lulusan, dengan beban studi 120 SKS meliputi kurikulum inti 94 SKS, Kurikulum Institusional l8 SKS, Mata kuliah pilihan wajib 4 SKS dan mata kuliah pilihan bebas 4 SKS. Pada Tahun 2016 Program Studi mengembangkan Kurikulum sesuai dengan KKNI dan berdasarkan Capaian Pembelajaran menurut SNPT Tahun 2014.

Dalam upaya mencapai kompetensi mahasiswa, pembelajaran dan praktik Klinik menggunakan metode SCL dengan dosen yang kompeten dibidangnya serta bekerjasama dengan lahan praktik terkemuka di Surabaya seperti RSU.Dr Sutomo, RSAL Dr., Ramelan, RSI Surabaya, RSI Jemursar, RSU Haji, serta RS Swasta, Puskesmas, Klinik, RB dan BPM di Surabaya.

Menjadikan lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan Diploma III  kebidanan yang terkemuka, unggul dan profesional dalam ilmu penegtahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), berjiwa wirausaha serta berjati diri islami.

 

  1. Melaksanakan pendidikan kebidanan yang student oriented dengan penekanan pada penyelesaian masalah secara komprehensif dan terbuka dengan menerapkan keilmuan sesuai dengan perkembangan IPTEK, syariat Islam serta kebutuhan/asuhan terkini di bidang kebidanan
  2. Melaksanakan penelitian Kebidanan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan ilmu pengetahuan di bidang Kebidanan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan ilmu Kebidanan berdasarkan evidence based untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengaktualisasikan nilai-nilai Islami dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  5. Menumbuhkembangkan dan mengaplikasikan budaya Ahlus Sunnah Waljama’ah An-Nahdiyah dalam kehidupan Masyarakat

1. Menghasilkan lulusan D III Kebidanan yang mampu memberikan asuhan secara komprehensif, mampu berfikir kritis dan terbuka, serta mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara efektif.

  • Menyelenggarakan pendidikan dengan menggunakan kurikulum yang berstandar nasional dan dikembangkan sesuai dengan visi misi program studi
  • Mengembangkan profesionalisme seorang dosen
  • Mengembangkan metode pembelajaran student center learning
  • Meningkatkan sarana prasarana dalam menunjang proses belajar mengajar
  • Memperluas kemitraan dengan berbagai instansi kesehatan baik dalam negeri maupun luar negeri.

2. Menghasilkan produk penelitian yang berkualitas untuk peningkatan mutu pelayanan dan perkembangan ilmu kebidanan 

3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas guna terwujudnya peningkatan derajat kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.        

4. Menghasilkan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang mencerminkan nilai- nilai Islami

Akreditasi A

Sesuai dengan Surat Keputusan LAMPTKes Nomor –0640/LAM-PTKes/Akr/Dip/XUI/ Tahun 2020 Program Studi D3 Kebidanan mendapatkan akreditasi.

~ Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES)